Selasa, 07 Juli 2015

May day trip experience, avoid the traffic: Scuba diving part 1

Jum'at 1 Mei 2015
Bertepatan dengan hari buruh, di mana buruh turun ke jalan untuk demo.. Terutama di Jakarta, udah pasti seluruh Jakarta hari itu bakalan kena macet parah, seluruh??? Tidak, ada satu wilayah di Jakarta yang gak akan kena macet kapan pun, sekalipun tahun baru, yaitu: Kepulauan seribu. So, ane putuskan dengan rombongan untuk bepergian ke pulau seribu pada saat itu juga, sekalian mencoba pengalaman dan hobi baru, yaitu menyelam atau scuba diving di pulau pramuka, kepulauan seribu!

Kenapa tidak ke puncak atau Bandung? Sudah pasti kalau long week end seperti itu wilayah semacam puncak atau Bandung akan di padati wisatawan dari Jakarta yang menggunakan mobil, so pasti bakalan macet berat!!

Ane ngumpul dengan rombongan sesama member scuba diving di dermaga marina, Ancol sekitar pukul 08.00 WIB, setelah itu barulah kami se rombongan berangkat ke pulau pramuka di Kepulauan seribu naik speed boat. Ane jalan dari rumah di daerah Jakarta timur (cibubur) sekitar pukul 06.00 wib. Jalanan depan ancol, tepatnya pintu masuk ancol pagi itu sudah di padati oleh kendaraan bermotor roda empat, mungkin yang pada mau trip naik speed boat dari marina dermaga. Setelah kumpul di dermaga marina bersama rombongan dan juga wisatawan lain, sarapan nasi box barulah lanjut berangkat naik speed boat. Ane bersama beberapa anggota rombongan yang lain memutuskan untuk duduk di atas, karena ingin menikmati sejuknya angin di atas laut. Sebenarnya kalau di bawah juga enak, ber AC dan dilengkapi dengan audio DVD player.


 Cuaca hari itu cukup cerah, waktu yang diperlukan oleh kami, rombongan peserta hobi scuba diving untuk menuju dermaga pulau pramuka yakni sekitar 90 menit. Memangnya ada kemacetan di bawah laut...? Hari itu benar benar me time, soalnya ane benar-benar merasakan dekatnya dengan alam bawah laut... Ane tergabung dalam rombongan scuba diver yang anggotanya beragam, ada yang masih sekolah seperti ane, ada juga yang udah punya anak. Ada pula bapak-bapak berusia 40-an yang pergi satu rombongan dengan anaknya yang masih sekolah, mengingat sama-sama memiliki hobi scuba diving, dan ada juga yang merupakan seorang proffesional/executive muda yang sengaja menabung untuk mengikuti trip diving ini demi bisa melihat keindahan alam bawah laut, kalau ane pergi sendiri dan buat pelajar SMA seperti ane, menjadi member di rombongan tersebut sendiri merupakan pengalaman yang gak bakalan ane bisa lupa, karena di rumah cuma ane yang bisa berenang.


ROMBONGAN..

Ane tiba di dermaga pulau pramuka sekitar pukul 09.31 wib. Pulau pramuka benar-benar tempat yang perfect untuk antum antum sekalian yang gak suka keribetan, di sana adalah pulau kecil yang tergabung dalam kepulauan seribu. Di sana di lengkapi dengan fasilitas umum selayaknya di sebuah kota kecil, ada rumah sakit, masjid, sekolah , home stay, hotel, restoran, taman kota, kantor bupati kepulauan seribu, bank, ATM dan juga kantor pos, serta angkutan umum berupa motor TOSSA yang bak belakangnya di jadikan tempat untuk duduk penumpang, kebetulan trayeknya lewat di depan home stay rombongan ane.
Lebih beruntungnya lagi, rombongan ane dapat penginapan yang berhadapan langsung dengan laut, persis di depan dermaga.

10.00 WIB. Pier diving.
Kami serombongan bersiap untuk dive yang pertama, yakni pier diving.. Di mana kite bakalan diving di dermaga, dan akan meluncurrr ke bawah laut.. Sebenarnya yang paling seru itu pas boat diving, jadi kite naik perahu ke tengah laut, nah baru deh kita nyemplung dari sono dan terjun HUUAAAAA ke bawah laut, tapi pelan-pelan kelesss!!!


 Baru deh dari dermaga kite pelan-pelan ke laut, terus kita mulai meringankan beban yang terpasang di alat diving buat bisa turun ke dasar laut.. Di bawah laut benar-benar indah dan menyenangkan, selain itu kite juga sempat foto-foto menggunakan kamera anti air. Namun berhubung waktu udah mepet solat jum'at, jadi gak bisa berlama-lama.. Kecuali pada waktu boat diving, itu bener-bener puass, karena selain kita menyelam di medan yang lebih dalam, kita juga sempat menikmati pemandangan dari tengah laut.

Pukul 12.00 wib kami semua serombongan (pria) udah berada di masjid pulau pramuka buat sholat jum'at, sementara yang lain jaga di penginapan dan mengurusi perlengkapan diving yang masih di jemur. Pulau pramuka benar-benar selayaknya sebuah kota, namun satu yang gak ada di sana, yaitu mobil. Itulah sebabnya kepulauan seribu merupakan satu satunya wilayah di DKI Jakarta yang gak ada macet.. Semua mobilitas penduduk di sana menggunakan motor, dan kalau mau ke pulau lain atau ke pusat Jakarta, mereka masukkin motornya ke kapal feri tujuan muara angke. Di pulau pramuka memang cukup lengkap, pendidikan juga tidak di lupakan karena tidak hanya satu sekolah saja yang berdiri, melainkan cukup banyak..
To be contunied... (part 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar