Jumat, 30 Januari 2015

Jakarta-JABODETABEK, the point of Indonesia (Part 1)

Hi travelers...
Kali ini penulis akan memberi anda referensi seputar traveling yang cukup menarik, namun lebih tepatnya untuk anda yang berasal dari kota di luar Jabodetabek yang akan traveling dengan low budged ke Jakarta ataupun kota di sekitarnya..

kota Jakarta juga tidak kalah menarik lho travelers untuk di jadikan lokasi wisata belanja ataupun rekreasi, namun bagi anda yang memiliki low budged dan bergantung dengan transportasi publik, nah kali ini penulis bakalan memberikan tips bahwa traveling di Jabodetabek dengan low budged nggak ribet kok... Dan justru jiwa petualang anda akan muncul..

Hotel dan penginapan dengan akomodasi mudah dari first check point..
Kemana tujuan anda, putar-putar Jakarta saja, atau ingin mencoba ke taman safari di Cisarua, puncak Kabupaten Bogor, ingin mengunjungi kebun raya bogor di kota Bogor..? ingin studi kunjungan ke kampus UI di kota Depok dan mampir untuk melaksanakan ibadah di masjid qubah emas..? atau malah justru anda lebih berminat untuk pergi shopping travel ke pusat perbelanjaan elit Lippo Cikarang, kabupaten Bekasi maupun Lippo karawaci di Tangerang...?

Apabila anda naik penerbangan komersial, anda akan turun di Bandara international soekarno-hatta atau bandara halim perdanakusuma Jakarta, secara letak geografis, Bandara soekarno-hatta terletak di wilayah administratif kota Tangerang, namun lebih di kenal dengan bandara soekarno-hatta, Jakarta karena merupakan gerbang masuk utama dari negara manapun menuju kota Jakarta, sedangkan bandara halim perdanakusuma hanya melayani rute domestik atau dalam negeri. Apabila anda turun di bandara soekarno-hatta dan berminat pergi ke kota manapun di wilayah jabodetabek, ada beberapa airport bus yang melayani tujuan ke dalam kota Jakarta maupun ke kota-kota lain di wilayah jabodetabek bahkan luar jabodetabek seperti Bandung, Purwakarta dan Cilegon.
 
Namun, penulis sarankan agar anda menyempatkan semalam menginap di kota Jakarta, sangat mudah mencari penginapan murah di Jakarta, anda bisa menginap di hotel fave, melawai (belakang terminal bus kota Blok-M, Jakarta.), biaya cukup murah dan terjangkau dengan berbagai kebutuhan anda di Jakarta, dekat dengan pusat kota dan fasilitas hotel tidak terlalu kelas bawah meskipun harga low budged, memang target utama konsumen hotel ini ialah single travelers seperti saya dan anda, anda tinggal naik bus damri tujuan Bandara soetta-Blok-M,  nah dari sanalah anda menghabiskan semalam, sempatkan mengunjungi monumen nasional, belanja seru di FX plaza sudirman, atau nonton pameran di istora senayan dan gelora bung karno dengan naik busway, setelah itu anda bisa langsung lanjut trip ke kota Bogor dari Jakarta dengan sangat mudah, tepat di belakang hotel, yakni di terminal Blok-M mulai tahun 2013 lalu beroperasi bus APTB (bus tersambung/melewati jalur bus transjakarta) Sinar Jaya warna biru dengan trayek Jakarta (Blok-M)-Bogor (Terminal bubulak). VIA sentul city, belanova country mall (pusat belanja murah), jambu dua..


Puncak cisarua, Bogor.. "atapnya Jakarta"
Secara garis besar memang kawasan puncak di wilayah kabupaten Bogor hanyalah merupakan jalan raya biasa yang menghubungkan wilayah jabodetabek untuk menuju kota Bandung, jawa barat. Namun setelah jalan tol cipularang jadi pada tahun 2005 silam, bus bus AKAP dari Jakarta kini beralih melalui jalan tol  tersebut, namun kawasan puncak tetap banyak dilalui oleh kendaraan pribadi, khususnya pada hari libur karena kini di sana terdapat banyak sekali lokasi wisata yang menarik, selain itu banyak pula villa villa dan penginapan yang lumayan murah, bagaimana, anda tertarik berkunjung ke kawasan puncak...?
Bagi anda yang sedang mampir dan sempat menginap di Jakarta, untuk menuju puncak ada beberapa moda yang bisa anda gunakan, yakni bus dan commuter line (kereta rel listrik).

Bagi anda yang memang sedang berada di hotel yang berdekatan dengan terminal bus, naiklah bus untuk menuju kota bogor, atau lebih bagus lagi kalau naik yang jurusan bogor ciawi. Di dekat hotel fave melawai ada terminal Blok-M, persis sebelah pasaraya grande, dari sana naiklah bus APTB sinar jaya dengan trayek Jakarta(Blok M)-Bogor (bubulak), atau anda bisa pergi terlebih dahulu ke terminal tanah abang untuk mendapati bus APTB jurusan bogor ciawi, bus ini lewat lajur busway, jadi anda tidak harus ke terminal, anda bisa menyegat dari shelter busway (transjakarta) terdekat dari lokasi anda.. Estimasi menunggu sekitar 15 menit, bus ini akan terus melewati lajur busway koridor 1, kemudian belok ke semanggi dan kembali masuk ke lajur busway, terkadang sopir mau menaikkan penumpang dari bawah (tidak dari lajur busway) apabila bus masih kosong di depan mall plaza semanggi, bus akan mulai masuk tol di cawang UKI hingga check in di rest area tol cibubur, Jakarta timur.. Nah di sanalah anda bisa berganti bus apabila anda ingin ke puncak namun anda naik bus APTB dari terminal Blok-M, anda perlu berganti bus APTB* yang jurusan ciawi. Anda cukup bilang ke kondektur bahwa anda ingin naik yang ke ciawi, karena dari terminal blok-m bus APTB hanya ada yang ke terminal bubulak, Bogor dan yang ke arah Cileungsi, Jakarta timur. Yang ke ciawi adanya dari terminal tanah abang, grogol dan Tj Priok. Nah di sanalah (checker bus, cibubur square rest area toll) anda akan mendapati banyak sekali bus bus APTB biru yang antara lain bertrayek Jakarta-Bogor (luar kota dalam jabodetabek) dan juga Blok M-Cileungsi (dalam kota Jakarta). Selain itu anda juga akan mendapati bus bus AKAP jarak jauh antar kota (luar jabodetabek, status busnya AKAP) jurusan Sukabumi-Jakarta, dan Cianjur (Cjr)-Jakarta(JKT), perusahaannya ialah parung indah dan marita..

Setelah itu lanjutlah anda akan di naikkan oleh petugas checker bus rest area untuk naik transit ke bus APTB jurusan Jakarta-Bogor (ciawi), nah saat itulah anda siap melanjutkan perjalanan...
Rute APTB Bogor-Rawamangun... aptb di terminal rawamangun jakarta timur bus aptb jurusan bogor



Nah anda akan dalam perjalanan dalam waktu kira-kira dari cibubur square sekitar 45-60 menit untuk sampai keluar tol ciawi, lalu bus akan berhenti di terminal bus ciawi, tidak terlalu besar dan hanya merupakan pusat transit bus bus akap, APTB dan juga angkot-angkot jurusan menuju dalam kota Bogor. Apabila anda ingin lanjut ke puncak, naiklah angkot warna biru atau kuning tujuan gadog, taman safari, cisarua dan jurusan lainnya yang sejalan menuju kawasan puncak, dan setelah itu selama perjalanan dengan angkot anda akan di suguhkan oleh pemandangan yang lumayan indah, perkebunan teh dan juga hutan hutan kecil.. Bukit bukit juga anda akan dapati, namun belum lengkap rasanya kalau belum mencoba yang khas, yakni jagung bakar, mintalah sopir berhenti di depan hotel royal safari garden, kita tidak bicarakan hotelnya, namun di depan hotel itu terdapat beberapa penjual jagung bakar, apabila anda berminat dan sopir tidak keberatan (tentunya dengan negoisasi tarif yang sesuai), anda bisa minta di turunkan lanjut terus menuju puncak pass, di halaman komplek masjid terbesar di kawasan puncak, nah di halaman masjid itu anda akan dapati cafe cafe pinggiran, lesehan yang sangat menggiurkan, anda akan di tawarkan untuk menikmati jagung bakar hangat yang khas, dengan minuman khas jawa barat, yakni bajigur, anda juga bisa memesan bubur ayam, sangat pas di atas udara sejuk di kawasan puncak... Apalagi di temani dengan pemandangan perkebunan teh yang sangat indah.. Namun apabila tidak membawa kendaraan pribadi atau sewaan seperti anda, terlebih apabila anda memang berasal dari luar jabodetabek, sangat di rekomendasikan untuk secepatnya kembali ke Ciawi sebelum pukul 16.30 untuk kembali ke Jakarta dengan bus yang sama (APTB), karena biasanya bus terakhir dari ciawi pukul 18.00, takut kemalaman, kecuali anda mau ke kota Bogor dulu dan naik KRL tujuan Jakarta, namun tetap harus sebelum maghrib dari puncak pass, khawatir susah angkot menuju ciawi, taksi...? juga susah..!

*) APTB, salah satu dari "anak" nya transjakarta busway.
Ada beberapa bus di Jakarta yang memang trayeknya lewat jalur transjakarta (busway) meskipun bus itu bukan busway transjakarta, selain APTB, bus yang masuk lajur busway ialah Kopaja AC, Metro mini AC (rencana), BKTB, dan transjabodetabek.
APTB itu sendiri merupakan kependekan dari Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway, yakni melayani luar kota Jakarta (jabodetabek, seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, kecuali Depok), dan juga dalam kota Jakarta yang memang tidak/belum di lalui koridor bus transjakarta (Ciputat, Cileungsi). Tujuannya ialah memudahkan penumpang yang bertempat tinggal di luar kota Jakarta maupun di dalam kota Jakarta, namun tidak terdapat busway yang ke sana untuk beraktifitas, sehingga mengurangi kemacetan di ibu kota. Hampir sama dengan BKTB (Bus kota terintegrasi busway), namun BKTB masih memegang label sepenuhnya PT Transjakarta, sementara APTB di kelola sebagian oleh Transjakarta, dan sebagian lagi oleh perusahaan perusahaan bus yang menjadi operatornya, di antara perusahaan operator APTB ialah:

PPD :jurusan Bekasi-Bundaran HI (Bekasi-Jakarta)
Bianglala: jurusan Ciputat-Kota (dalam kota Jakarta)
Agra mas: jurusan bogor-Grogol (Bogor-Jakarta)
Sinar jaya: jurusan Bogor-Grogol, Bogor-Blok M, Bogor-Rawamangun, Bogor-Tn Abang (Bogor-Jakarta)
Hiba Utama: jurusan Tj priok-Bogor (jakarta-bogor)
Mayasari bakti: jurusan Tn Abang-Bekasi (jakarta-bekasi), Pulo gadung-Poris Plawad (Jakarta-Tangerang), Cibinong-grogol (bogor-jakarta), Blok M-Cileungsi (dalam kota Jakarta), kalideres-cikarang(jakarta-bekasi).

2 komentar: