Kamis, 08 Januari 2015

Nice city in south java beach

HI Travel lovers...
Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan traveling sendirian, atau biasa di sebut dengan single travelers.. Saya sengaja mencoba tantangan baru, dengan berjalan-jalan touring ke luar Jakarta sendirian, ternyata 10 kali lebih seru dibandingkan dengan jalan jalan bareng rombongan, atau bareng keluarga, KEMAYU....... Hehehehhh
Hari pertama saya langsung cabut naik kereta eksekutif dari Jakarta (gambir) ke kota Cilacap, jawa tengah.. Nah kali ini pertama saya bakalan ngasih artikel sekilas tentang kota Cilacap yang mungkin lebih dari 1 kali atau dua kali sudah saya kunjungin.. Ya, mungkin bisa dijadikan referensi buat yang mau jalan-jalan, dan yang perlu di ingat bahwa traveling itu tidak harus menyediakan uang yang banyak, walau dana tidak terlalu banyak, uniknya anda bisa saja pergi berjalan jalan keliling asia tenggara, asalkan anda kreatif dan tidak mengandalkan penerbangan mahal dan hotel mewah berbintang..!

CILACAP, Nice city in the south java beach..
Pertama kali berkunjung ke kota ini, saya langsung teringat dengan latar tempat film Rio 2, yakni di kota Rio De Janiero, ibu kota negara Brazil, di mana kalau dilihat dari pegunungan, tampak pantai yang indah dengan ombak besarnya yang juga bisa untuk memanjakan mata. Memang bukan kota tujuan wisata, namun sangat ideal apabila anda menetap untuk ber petualang dalam waktu yang singkat, misal sehari semalam atau dua hari semalam, karena kota ini kecil dan apabila anda menghabiskan waktu di kota ini dalam jangka waktu, misal seminggu.. Anda tidak akan menemukan hal lain.
Kota yang terletak di dekat pantai selatan ini, tentunya terkenal dengan pulau nusakambangan, yakni pulau untuk menampung para narapidana untuk di penjara dalam waktu yang lama. Penjahat dan mafia kelas atas sampai detik ini mendekam di pulau tersebut. Pantai yang terkenal ialah pantai teluk penyu, ramai di kunjungi wisatawan dalam dan luar kota, sangat mudah bagi anda anda yang ingin berkunjung ke kota ini bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, meski kota kecil anda bisa dengan mudah datang ke kota ini untuk menikmati keindahan alam pantainya.
Dari Jakarta, anda bisa memanfaatkan moda transportasi kereta api ekspres purwodjaya, jurusan Gambir-Stasiun Cilacap (pasar gede Cilacap), berangkat dari Gambir pukul 06.20 dan terkahir tidak bisa anda naiki dari stasiun jatinegara, Jakarta timur.. Tiba di stasiun Cilacap pukul 13.31 WIB. Harga tiket kelas eksekutif seharga Rp350.001. Cukup nyaman dengan fasilitas yang lumayan oke.
Apabila anda ingin naik kereta malam, agar lebih nyaman, bisa naik sawunggalih atau Bima, namun anda turun di stasiun purwokerto, dan anda bisa menyambung dengan travel minibus Sumber Alam full AC dan DVD, cukup dekat dari stasiun Purwokerto sampai di agen resmi di pusat kota Cilacap (dekat dengan hotel, Borobudur mall, pasar gede dan RITA Dept store, selangkah saja..)
 jika ingin lebih murah, silahkan naik mikro bus non ac sampai terminal, dan tentunya anda harus menyambung taksi menuju hotel atau pusat belanja di kota.
-NB: Kalau sudah malam, sebaiknya dari stasiun purwokerto anda tidak menerima angkutan omprengan plat hitam yang menawarkan anda jasa angkutan sampai kota Cilacap, resiko kejahatan sangat tinggi...-

Selain itu, bisa juga dengan naik bus AKAP AC dan NON AC.. Bagi anda yang tinggal di Jakarta pusat dan Jakarta barat, anda bisa naik bus Gapuraning rahayu dari terminal kalideres, bus kondisi lumayan bagus, berangkat dari terminal/agen, bus malam berangkat pukul 15.00 WIB, bus malam sangat penulis rekomendasikan, karena relating seat nya bagus, serta cepat dan on time (selain musim mudik lebaran), bagi yang ingin naik dari wilayah Jakarta timur, bisa naik bus Gapuraning rahayu, atau sinar jaya dari terminal Kp Rambutan, terminal Rawamangun, Terminal Cileungsi, Terminal pulo gadung dan juga bisa naik dari agen agen bus AKAP yang terletak di JL Raya bogor, pasar rebo-Jakarta timur. Dan yang terbaru, telah di buka agen bus AKAP AC dan non AC, Rosalia Indah yang terletak di Cibubur, Jakarta timur (Sebelah plaza cibubur, sebelum terminal Cileungsi, Jakarta timur..)

Atau bisa saja memanfaatkan maskapai penerbangan domestik menuju bandara Cilacap yang terletak di wilayah jeruk legi. Namun, saat ini anda hanya bisa naik maskapai penerbangan dari bandara halim perdanakusuma, karena beberapa penerbangan domestik di pindahkan dari Soekarno-hatta ke bandara halim perdanakusuma, dan karena jauh dari pusat kota, bagi anda yang single traveler seperti saya, dari bandara anda bisa langsung naik taksi, namun ongkos tentunya lebih mahal..

Apabila anda sudah sampai di Cilacap, dan anda siap untuk bertualang, siapkan waktu setidaknya sehari semalam atau dua hari semalam, karena untuk traveling di kota ini anda hanya butuh waktu yang singkat.. Anda bisa mengunjungi pulau nusakambangan, dengan menyewa sepeda motor dan naik melalui penyebrangan Tj Intan, anda akan di masukkan ke dalam perahu feri kecil, namun sepeda motor muat untuk dimasukkan ke dalam kapal. Waktu tempuh 20 menit, di pulau nusakambangan juga terdapat pantai yang cukup indah dan eksotis. Kebanyakan wisatawan dengan menggunakan motor hanya sampain di ujung dermaga nusakambangan, lalu balik lagi ke Tj Intan, namun saya pernah naik motor sampai ke asrama penjara untun narapidana, hingga saya menitipkan motor di perumahan khusus penjaga sel tahanan, saya ke pantai nusakambangan dengan jalan kaki karena dekat.
Selain nusakambangan, ada juga objek wisata sejarah yang tidak kalah menarik, yakni benteng pendem yang terletak di dalam kawasan pantai teluk penyu. Namun, sayangnya kondisinya sudah tidak terawat akibat ulah tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.

Dan berikut akan saya berikan referensi mengenai fasilitas penunjang bagi anda single traveler.

Angkutan dalam kota:
Untuk berjalan jalan di dalam kota Cilacap, bagi yang tidak bawa kendaraan bisa menggunakan...
-TAKSI: Dion taksi, Citas taksi
-Angkutan kota: Trayek; Terminal-RSUD, Pasar Gede-Pemintalan-RSUD-Terminal (hanya ngetem dan parkir di terminal bus.)
-Rental mobil: Bandara-hotel, Bandara-pusat kota, Bandara-stasiun cilacap ps Gede (sesuai pesanan)
-Ojek
-Sewa mobil tanpa sopir

Pusat belanja rekomended
-Pasar Gede
-Borobudur dept store
-RITA Dept store
-Giant ekspres
-Toko buku pustaka 2000
-Pasar limbangan
-pasar jeruklegi
-pasar sidodadi
dll

Hiburan:
-Alun-alun kota Cilacap
-Happy games (kawasan borobudur dept store)
-wisata air pantai teluk penyu
-pasar malam
-Lapangan EX Batalion
-Kolam renang sampang
-Kolam renang banyu pratama
dsb..

Cafe, restoran rekomended..
**-Sangat penulis rekomendasikan, karena harga terjangkau dan makanan yang khas..-

-Daun cafe and karaoke** (Depan lapangan X Batalion)
-Pusat kuliner X Batalion (Lapangan X Batalion, hanya beroperasi malam hari)
-Bakso kepala sapi (JL Kauman, Cilacap..)
-Bakso pak gepeng**.. (Depan pool/agen sumber alam travel)
-Food court borobudur dept store..
-Gudeg yogya bu Lusi**
-Choco milk cafe** (Rinjani square, banyak cafe cafe di deretan tersebut, seperti Kemang di Jakarta)
-Kedai susu chill milk**
-Soto ayam sinar**
-Tahu masak khas banyumas
-Rumah makan dua saudara

Hotel dan penginapan..
-Hotel davam
-Hotel teluk penyu**
-Hotel cilacap indah (Strategis, karena dekat agen travel nusantara Cilacap-Semarang)
-Hotel Mutiara**
-Hotel wijaya kusuma (JL Ahmad yani)

Angkutan luar kota (AKDP)
Bosan di Cilacap..? ingin ke kota lain di Jawa tengah..? berikut referensi yang mungkin bisa anda gunakan untuk pergi ke luar kota di jawa tengah bagi anda yang single traveler..
-PO. Sumber alam (minibus, Cilacap-jogja, Cilacap-semarang, Cilacap-Purwokerto,..)
Fasilitas: AC, DVD, Bagasi. mineral water
-PO. Efisiensi** (Bus AKDP, Cilacap-Jogja, Cilacap jogja (bandara adisucipto)
Fasilitas: Terbaik, AC, TV, DVD, Bagasi, Air suspension, Realiting seat 2-2, 2-1, Shuttle bus gratis dari pool transit efisiensi di jogja menuju bandara adisucipto dan malioboro, lunch, snack, mineral water..
-PO. Riyan (Bus AKDP, Cilacap-Jogja, Cilacap-Semarang-Comming soon-)
Fasilitas: AC, TV, DVD, Realiting seat, Air suspension, Mineral water
-Micro bus non ac (Mirip kopaja, metro mini, jurusan Cilacap-purwokerto VIA Kroya, jeruklegi, nyegat dari terminal bus Cilacap)
Fasilitas: Realiting seat, harga terjangkau, kantong mahasiswa..
-Nusantara** (travel minibus, Cilacap-Semarang VIA Gombong, purworejo, Magelang..)
Fasilitas: Realiting seat, TV, DVD, bagasi, mineral water, satu orang berangkat, AC, naik di agen resmi depan hotel Cilacap Indah..
-Qyta trans (travel luxio, grand max, L-300) tujuan: purwokerto, semarang

Angkutan luar kota antar provinsi
Untuk anda single traveler yang ingin ke luar kota, di luar profinsi jawa tengah, ke Jakarta, Merak, Bandung atau Surabaya dengan tarif terjangkau..

-PO Sinar jaya,
       tujuan:Jakarta; Kp rambutan, Cileungsi, Pulo gadung, lebak bulus
                   Bekasi: Terminal bekasi
-PO Damri
       Tujuan: Jakarta; kemayoran
-PO Gapuraning rahayu**,
       tujuan: Jakarta; kalideres, pulo gadung, Kp rambutan
-PO Sumber alam** (bus AKAP)
       Tujuan: Jakarta; Kp rambutan, Pulo gadung, Cileungsi
-PO Rosalia indah** (AC, non AC, Fasilitas terbaik)
       Tujuan; Jakarta: Pulo gadung, Kp rambutan, agen Cibubur, Cileungsi, Ps Rebo, Kalideres.
                    Bekasi; Terminal bekasi
-KA. malam purwojaya, jurusan Cilacap, kroya, purwokerto, Jakarta (Gambir, Jatinegara), Bekasi, St cibitung.. Berangkat pukul 17.55
-KA Bima, naik dari St purwokerto, dari Cilacap naik shuttle sumber alam ke Purwokerto..
-Maskapai penerbangan domestik swasta, dapat di jumpai di bandara tunggul wulung, jeruk legi Cilacap, dari hotel/pusat kota naik taksi..
-Rejeki Travel, (mobil L-300 Full AC), Agen: JL Ahmad Yani no 68, Cilacap..
 Fasilitas: AC, Snack, diantar door to door, bisa di jemput dari hotel di Cilacap ke rumah di Jakarta, atau langsung ke agen dan di antar ke agen juga di Jakarta..
 Tujuan: Jakarta
              Bandung
              Bekasi
              Depok
              Tangerang

Berikut referensi lengkap yang bisa saya kasih, buat lebih lengkapnya atau mau dapet referensi lebih lanjut tentang dunia traveling bagi anda traveler pemula, bisa tanya jawab di www.facebook.com/krisyunian
Atau
Follow twitter saya di @KrisyunianYp
             



1 komentar:

  1. Halo, Pujian musim, Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman @ 2%? Jika ya,? email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Sekarang silahkan hubungi kami di: gloryloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah ini. Penawaran kami $ 3,000.00 sampai $ 20,000.000.00 juga berlaku untuk informasi lebih lanjut {Lengkapi formulir di bawah pinjaman} Nama Anda: =========== NEGARA: =========== NEGARA =========== ALAMAT: =========== GENRE: =========== Jumlah yang dibutuhkan: ========== = PERIODE: =========== NOMOR TELEPON: =========== ============= Mrs. Glory Hubungi kami di e ini mail: gloryloanfirm@mail.com Salam
    Akun yang lebih baik untuk perusahaan yang sah.
    membalas

    BalasHapus