Sabtu, 24 Januari 2015

Yogyakarta-Jakarta dengan low budget flight

7 Januari 2015..
Usai sudah petualangan saya di beberapa point di jawa tengah dan DIY, sempat menikmati seporsi soto ayam khas banyumas di kota purwokerto, tepatnya di warung soto sungeb.. Tengkleng gajah di sleman yang khas dengan sate kambingnya pun tidak saya lewatkan untuk saya datangi dan nikmati sate kambing dengan es jeruk murni, kini waktunya saya kembali ke Jakarta karena sepekan kemudian saya sudah harus masuk kembali ke sekolah, my day off has over...

Saya berangkat dari kota Magelang pada pukul 10.15 WIB, pesawat berangkat pukul 12.05 WIB dari bandara adisujipto, Yogyakarta. Kebetulan saya pada hari itu menggunakan maskapai penerbangan air asia, walaupun masih agak trauma mengingat tragedi yang menimpa penerbangan dengan maskapai yang sama tujuan Surabaya-Singapura yang terjadi beberapa minggu sebelumnya.

Sebenarnya selain via Yogyakarta, tujuan Jakarta bisa dicapai dari Magelang juga via kota Semarang, namun saya lebih memilih naik pesawat dari bandara Yogyakarta.. Saya pergi ke bandara naik mobil semacam sewaan/carteran, banyak agen agen travel yang menawarkan jasa penyewaan mobil minibus (avanza,xenia,grandmax,luxio dll) bagi para turis untuk akses menuju lokasi wisata maupun bandara, bisa di layani dengan sopir.
Karena enggan membeli makanan di kios bandara dengan alasan lebih mahal, saya memutuskan pada hari itu untuk membawa lunch box berisikan nasi dengan ayam goreng di sebuah restoran waralaba cepat saji Amerika untuk di makan ketika sedang menunggu di bandara.. Jarak Magelang-Bandara adisujipto sekitar 1 jam 30 menit, jadi masih ada waktu longgar untuk menunggu di bandara, lumayan lama.. Di tambah saya tidak bisa menunggu di airport lounge di karenakan saya bukan pengguna kartu kredit.
Harga tiket Yogyakarta-Jakarta Air Asia di beli dengan harga Rp 350.000 sekali jalan, hampir sama dengan tiket kereta api eksekutif, itulah mengapa saya memilih untuk naik pesawat, dengan harga yang sama dengan kereta api bisa menempuh jarak yang lebih cepat.

Cukup puas walaupun terbang dengan low budget flight karena kualitasnya tidaklah low.. Sambil menunggu dan setelah selesai makan siang dengan nasi kotak, saya menyempatkan untuk membeli oleh oleh, aksesoris di kios kios bandara, kebetulan saya juga gemar mengoleksi post card dan gantungan kunci, beberapa post card saya beli di toko buku periplus, plaza senayan, Jakarta.. Mumpung di Yogyakarta Airport, saya memutuskan untuk menambah koleksi post card saya dengan beberapa kartu pos yang bergambar kan kota Yogyakarta, akan sangat menarik nantinya, di tambah saya juga membeli gantungan kunci dengan harga yang lumayan terjangkau..
Beberapa saat kemudian penumpang di arahkan untuk naik menuju pesawat air asia, saya meletakkan koper saya di bagasi pesawat, sementara yang saya bawa ialah tas kecil (travel bag) berisikan dompet, handphone dan tablet PC serta tas keresek berisi kalender dari pemerintah kota magelang sebanyak 3 lembar, dan juga oleh oleh kue getuk..
Saya pun kebetulan dapat kursi pojok dekat jendela, cukup nyaman karena bisa senderan ke pojok dan melihat pemandangan yang indah dari balik jendela pesawat, namun sayangnya pesawat di delay selama 15 menit, mungkin karena ada gangguan cuaca..
Pesawat pun akhirnya take off dan akan tiba di soetta pukul 14.40, sempat saya membaca baca majalah penerbangan dari air asia, dan saya pun menemukan salah satu menu minuman favourite saya yang terdapat dalam salah satu daftar menu di airlines cafe, yakni Jelly Milk Tea dari Share tea, karena harganya cukup murah, saya pun memutuskan untuk memesannya untuk di minum selama terbang.
Minuman tersebut merupakan salah satu minuman kesukaan saya, saya sering sekali nongkrong di outlet share tea di mall mall di Jakarta, paling sering di mall ciputra cibubur yang terletak di daerah Cibubur, Jakarta timur, dekat dengan rumah saya..
Sesuai dengan jadwal penerbangan, pesawat tiba di soetta pada pukul 14.40 WIB, setelah landing barulah penumpang maskapai di arahkan untuk naik ke bus layanan maskapai badandara untuk di antar ke terminal 3, kedatangan. Setelah mengambil koper, saya meletakkan koper dengan tas lainnya di atas troley, kebetulan saya menemukan di terminal 3(mungkin satu-satunya) sebuah keran air yang airnya bisa langsung di minum, saya pun meminumnya, lumayan tidak perlu beli air mineral lagi..

Dari bandara soetta untuk menuju ke Cibubur-jakarta timur untuk single travelers seperti saya ada beberapa pilihan, yakni dengan taksi, mobil sewaan (taksi gelap ilegal) dan bisa juga naik bus angkutan pemadu moda bandara soetta, beberapa perusahaan bus yang beroperasi di bandara soekarno-hatta yaitu Perum Damri, PO. Sinar jaya, PO Hiba utama dan Agra mas, Hiba utama jurusan Depok sedangkan agra mas jurusan cililitan, kalau damri ada yang ke bogor, blok m dan Kp rambutan, sedangkan untuk yang ke terminal Cileungsi lewat Cibubur adalah bus AC Sinar jaya eksekutif,  untuk bus sinar jaya jurusan Cileungsi, tarif per penumpang adalah Rp 50.000 bayar di atas dengan kondektur, jadi tidak perlu cari cari konter untuk beli karcis.

Bagi anda junior single travelers, jangan tergiur oleh tawaran sopir sopir taksi gelap yang menawarkan jasa antar sampai ke rumah naik mobil sewaan avanza, xenia, livina dll, karena tarif suka selangit dan tidak sesuai.. Lebih baik naik taksi resmi seperti blue bird atau express, jika ingin lebih hemat naiklah bus bandara, terutama untuk anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke luar kota Jakarta, seperti di Bogor, Bandung, Bekasi atau Depok.. Ada bus bus yang jurusan ke dalam dan ke luar kota Jakarta, harganya lumayan murah..
Untuk yang mau lanjut trip  ke kota hujan Bogor (terminal barangnag siang) bisa naik bus DAMRI royal class, terlebih dahulu anda bisa mendatangi konter bus damri di depan lobby bandara, apabila ingin ke kota Bandung, bisa naik bus Primajasa  yang tiketnya juga bisa langsung di beli di konter resmi bus primajasa yang terdapat persis di depan pintu kedatangan, harga tiket per orang Soetta-Bandung sekitar Rp 120.000, bagi yang ingin ke kota Depok, silahkan naik bus Hiba Utama, dan jikalau seperti saya, ingin ke dalam kota Jakarta, yaitu terminal Cileungsi, bisa saja naik sinar jaya airport bus, bayar langsung di atas bus dengan kondektur,  bisa juga naik bus DAMRI (Blok m, Kp Rambutan, Mangga dua square, stasuin gambir), Agra mas (Cililitan).
Anda juga bisa naik bus intrans untuk ke terminal lain di bandara soekarno-hatta, bus micro warna kuning, free..
Estimasi menunggu untuk yang jurusan trayek Soekarno.hatta-Cibubur-Cileungsi bisa sampai 20 menitan, tidak terlalu lama.. Bagi anda yang membawa barang banyak, silahkan letakkan tas yang berat di sebelah sopir, disediakan tempat menaruh tas, tidak menambah biaya tarif..
Tarif yang akan di tarik oleh kernet ialag Rp 50.000 untuk satu orang..

Bagi anda junior young travelers yang ingin mendapatkan info tentang akomodasi dari bandara internasional soekarno-hatta menuju tempat tujuan anda baik untuk ke Jakarta ataupun ke kota lain di luar Jakarta, berikut saya berikan daftar akomodasi transportasi penunjang di kawasan bandara soekarno-hatta yang bisa anda gunakan untuk menuju lokasi tujuan anda setelah sampai bandara soetta dengan pesawat.. Anda bisa naik kendaraan tersebut dari semua terminal di bandara soetta

Tujuan Jakarta;
-Bus Damri: Terminal blok m, terminal Kp rambutan, stasiun kereta api gambir, mangga dua square, kemayoran.
-Sinar jaya airport bus: Terminal cileungsi (keluar tol Cibubur)
-Agra mas: Cililitan (Pusat grosir cililitan)
-Airport shuttle kota wisata cibubur: Jambore cibubur-Plaza cibubur-nagrak-cikeas-perumahan kota wisata cibubur* (*tujuan akhir)
-Airport shuttle citra gran cibubur: Mall ciputra cibubur-Perumahan citra gran cibubur
-Airport shuttle thamrin city: mall thamrin city
-Travel cipaganti: hotel kartika chandra, JL Gatot soebroto, Jakarta selatan.

Tujuan kota Bogor
-Bus damri: terminal barangnag siang-botani square
-Bus damri royal class: terminal barangnag siang-Botani square

Tujuan Cilegon, Banten
-Bus damri (mikro bus)

Tujuan Bandung, Jawa barat
-Bus primajasa: Bandung supermall
-Citi trans: agen resmi
-Travel city miles: agen resmi

Tujuan Purwakarta, jawa barat
-Bus damri: terminal purwakarta

Tujuan kabupaten Bekasi
-Damri airport bus (mikro bus biru): Cikarang, Lippo cikarang

Tujuan kota Depok
-PO Hiba utama: terminal Depok

dan itulah akhir dari trip saya... Day off is over and over, now the time for extra think at school and bussinese..