Rabu, 14 Januari 2015

Menjadi single traveler tanpa ribet!!

Hi travel lovers, terfikirkah oleh anda bahwa suatu saat anda akan melakukan perjalanan ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal anda, hanya sendirian, dan tentunya dengan biaya yang terbatas pula..
Mungkin sebagian dari anda berfikir bahwa pasti tidak akan menyenangkan, anda pasti mengira bahwa berlibur ke bali atau ke Singapura naik pesawat, bareng sama teman teman beramai ramai dan menginap di hotel mewah sangat menyenangkan.. Namun, sebagian dari anda juga mungkin berfikir bahwa bepergian jauh sendiri atau single traveler sangat menyenangkan, ada banyak tantangan di luar sana yang harus anda hadapi, serta pengalaman anda juga akan lebih jauh menarik ketimbang kawan kawan anda yang kemayu jalan jalan sama orang tuanya, rame rame, oh my god!!

Namun, di samping pengalaman, anda juga akan mendapat sesuatu yang berharga apabila anda traveling secara single, di antaranya ialah pengetahuan yang semakin meluas, ilmu ilmu tentang sejarah lokasi wisata yang anda kunjungi pastinya akan semakin luas anda dapatkan apabila anda berniat untuk memperdalam, dengan mendatangi lokasi bersejarah. Misal, apabila anda berkunjung ke negara Prancis sendirian, anda bisa memakai penerbangan low budged flight dengan cara memesan jauh jauh hari, serta anda tidak perlu menginap di hotel mewah, cukup tinggal di hostel atau home stay. Sampai di Prancis, tepatnya di kota Paris pastinya lokasi yang pertama kali anda bayangkan ialah menara eifel. Namun, taukah anda bahwa pergi ke lokasi bersejarah yang akan mengantarkan anda ke dalam pengetahuan sejarah di negara tersebut jauh lebih menarik..
Apakah ada...?
Ya, benar sekali, anda bisa saja pergi ke istana verssiles, lokasi itu dulunya merupakan tempat tinggal raja raja yang memerintah pada abad pertengahan, mereka memerintah secara kejam dan otoriter.
Setelah ber senang senang di Paris, pergilah ke Cannes, kota yang terkenal dengan pantainya, terletak di selatan Prancis. Anda bisa pergi ke sana naik kereta cepat TGV dari stasiun Gar De Lion di kota Paris.  Yang menarik lagi ialah, dari stasiun Gar De Lion sendiri sampai pantai di Cannes merupakan lokasi shooting film Mr Bean holiday, tahun 2007.

Namun, selain memikirkan biaya, ada hal lain yang harus anda perhatikan sebelum anda melakukan perjalanan jauh, apalagi antar negara secara single..

1. Apabila mau ke luar negeri, kuasai minimal bahasa inggris.
    Traveling tidak harus berniat jalan jalan atau wisata, bisa keperluan lain. Business trip mungkin, atau keperluan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada tuhan. Misal beribadah haji atau umrah bagi anda kaum muslim. Kalau mengenai haji dan umrah, banyak travel agent yang menawarkan paket hemat sekaligus wisata di kota Madinnah dan Makkah. Namun di samping itu anda harus menguasai bahasa inggris, kalau anda tidak ingin kesulitan. Misalkan memesan makanan, di arab kalau tidak bisa bahasa arab, namun bisa bahasa inggris, bisa jadi dan besar kemungkinan anda akan mudah karena mereka di sana juga mempelajari bahasa inggris untuk menghadapi konsumen mancanegara. Mungkin setahun sebelum berangkat, anda bisa mengambil kursus bahasa inggris di lembaga pendidikan, di Jakarta, beberapa lembaga kursus bahasa inggris sudah mempersiapkan program untuk mereka yang berniat memperdalam bahasa inggris secara instan!

2. Pesan tiket jauh jauh hari, dan pastikan tanggal dan waktu agar tidak ada perubahan.
    Beberapa penerbangan low budged, menerima dan menawarkan harga tiket murah bagi anda yang memesan jauh jauh hari, maka dari itu kenapa tidak anda manfaatkan...? Namun, anda juga harus memperhitungkan kapan anda berangkat dan pastikan pula kapan anda kembali ke Indonesia.. Jangan sampai malah berantakan akibat rencana anda sendiri!

3. Jangan bergantung dengan maskapai penerbangan, apalagi penerbangan mahal.
    Pergi ke luar negeri tidak mesti naik pesawat, memang antar negara tetapi beberapa negara bisa di hubungkan ke negara lainnya dengan jalur darat dan laut. Mungkin memang agak kurang nyaman dan waktunya pun lama. Namun, biaya pasti lebih murah. Contoh, anda bisa ke singapura naik kapal feri dari Batam, anda juga bisa pergi dari London, inggris ke Paris, Perancis naik kereta TGV melalui tunnel bawah tanah. Jadi lebih murah, dan nyaman pula...

Demikianlah tips menarik yang bisa saya tuliskan... Be care full for your trip!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar